Perusahaan Dan Badan Usaha

 A. Lapangan Usaha Perusahaan
        Perusahaan ekstrasif adalah perusahaan yang kegiatan produksinnya dengan cara mengambil langsung hasil _hasil kekayaan alam.
        Perusahaan agraris adalah aktivitas produksinnya meliputi bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan.
        Perusahaan Industri adalah dalam arti sempit yang dimaksud dengan perusahaan industri adalah kegiatan produksinya dengan cara mengolah suatu bahan (bahan mentah, bahan setengah jadi) menjadi barang yang leih berguna bagi kehidupan manusia.
        Perusahan perdagangan meliputi kegiatan membeli barang kemudian menjualnya kembali tanpa pengolahan lagi.
        Perusahaan jasa merupakan kegiatan yang hasil produksinya berupa pelayanan (jasa). Hasil produksinya tidak kelihatan tetapi dapat dirasakan memenuhi kebutuhan manusia.






 
 B. Badan Usaha
        Badan usaha dan perusahaan mempunyai arti berbeda. Badan usaha modalnya terdiri dari:
         
  a. BUMN DAN BUMD
        badan usaha milik negara (BUMN) dan badan usah milik daerah (BUMD) adalah badan usaha yang pemelikan modalnya milik pemerintah yang dipisahkan dari kekayaan negara.
    1. Badan Usaha Perseorangan
        Badan usaha yang paling mudah mendirikanya adalah badan usaha perseorangan. Karena modal dan pengelolannya di lakukan oleh seorang (pribadi).
    2. Firma
        untuk mengembangkan usaha seorang dapat bekerjasama dengan orang lain dan membentuk persekutuan firma. Badan perusahan firma meupakan persekutuan (kerjasama) antara dua orang atau lebih yang menjalankan perusahaan dengan memakai satu nama.
    3. Perseroan Terbatas
        perseoran terbatas adalah badan usaha yang engumpulkan modalnya diperoleh dari penjualan saham. saham merupakan surat tanda bukti menanaman modal pada suatuperusahaan. badan usaha PT dalam mengumpulkan modalnya jauh lebih besar di bandingkan dengan perusahaan lainya, karena ratusan bahklan ribuan lembar saham dapat terjual.

0 komentar:

Poskan Komentar